Kegiatan


Ini Jawaban Kenapa Pemuda Rawan Terpapar Ideologi Radikal

Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intang Dulung, kembali menegaskan kerawanan pemuda terpapar ideologi radikal terorisme. Oleh karena itu dia mengajak generasi muda untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan.

Andi Intang hadir untuk secara resmi membuka dan menjadi pemateri di kegiatan Pelibatan Pelajar SMA dan Sederajat dalam Pencegahan Terorisme di Kabupaten Konawe, Kamis (6/8/2020). Kegiatan ini diselenggarakan oleh BNPT dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tenggara

"Jangan mudah terbujuk rayuan ajakan mengikuti dialog-dialog yang mencurigakan, dialog-dialog yang sama-samar atau terang-terangan bertujuan menghancurkan NKRI," pesan Andi Intang.

Pada paparannya Andi Intang mengungkapkan alasan kenapa generasi muda memiliki potensi besar terpapar ideologi radikal. Salah satunya karena masa di mana generasi muda masih pada tahap pencarian jati diri. "Dengan begitu pemuda selalu memiliki rasa ingin tahu. Jika tidak dikelola, jika tidak dibentengi dengan baik, keingintahuan itu bisa menjerumuskan," tegasnya.

Ditambahkan oleh Andi Intang, pencarian jati diri itu juga mendorong generasi muda memiliki semangat berlebih, yang seharusnya dimanfaatkan secara positif. Dia lantas menukil hasil survey tentang penyebab terjadinya terorisme yang menyebut salah satunya adalah mob mentality.

"Pemuda memiliki keberanian yang lebih, semangat. Ini semua harus dimanfaatkan secara positif agar tidak terperosok masuk dan dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggungjawab di mana pemuda dilibatkan di aksi terorisme," jelas Andi Intang.

Tentang pemanfaatan semangat generasi muda secara positif, Andi Intang mengatakan, pelibatan pelajar SMA yang dilaksanakan oleh BNPT dan FKPT juga diisi dengan lomba pembuatan video pendek bertema 'Kita Indonesia'. Lomba ini merupakan pelaksanaan yang keempat dalam 4 tahun terakhir, yang telah menghasilkan ribuan video yang diunggah di media sosial sebagai sarana kontrapropaganda terhadap ideologi radikal terorisme.

"Pelajar-pelajar di Konawe harus bisa kreatif, ayo semarakkan lomba videp pendek BNPT dan FKPT. Semoga tahun ini akan ada pemenang yang bisa membanggakan Konawe dan Sulawesi Tenggara," pungkas Andi IntangS

Sumber: Fptcenter.or.id