Kegiatan


Bijaksana Dalam Bersosial Media

Perkembangan media sosial pada akhir-akhir ini sungguh sangat memprihatinkan bagi yang tidak bisa menggunakan dengan selektif. Namun juga sungguh sangan luarbiasa manfaatnya bagi yang mampu  menggunakan  dengan baik untuk tujuan dakwah misalnya. Hal ini yang disampaikan oleh ustad Muhammad Arifin ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Muhammadiyah Jawa Timur dalam ceramah singkatnya di Masjid al Ikrom Wage Sidoarjo pada hari Senin, 3 Mei 2021. 

Kepada para jamaah Ustad Arifin menyampaikan pesan agar kita umat Islam jangan sampai menjadi kurban akibat negatif dari berkembangnya media sosial ini. Kita umat Islam khususnya para generasi milenial harus bisa memanfaatkan dengan baik khususnya untuk menebarkan kebaikan dengan memanfaatkan aplikasi yang ada. 

 

Munculnya beberapa aplikasi Islami seperti al Qur'an terjemah, tafsir al Qur'an, tafsir Hadits, kitab kutubussittah, kutubussab'ah dan aplikasi lainnya merupakan tantangan bagi kita untuk terus mempelajari Islam dengan cukup lewat handphone meskipun disisilain ada kekurangan dan kelebihan sudah biasa.

 

Kita sebagai umat Islam jangan pernah ikut-ikutan menyebarkan berita palsu alias hoax. kita harus ingat bahwa semua apa yang kita lakukan akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah swt. "Sesungguhnya bagi Allah tidak ada satupun yang tersembunyi di bumi dan tidak (pula) di langit". QS. Ali Imran:5.

 

Mari kita pastikan bahwa apa yang kita share kepada saudara kita adalah yang baik dan bermanfaat. karena memberikan berita baik yang dapat menggembirakan saudaranya adalah pahala. Allah SWT berfirman: "Mereka Kami utus selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana." QS an-Nisaa' : 165. admin_ldkpwmjatim.